Welcome to Wajibstat Analysis.

NEW WAJIBSTAT ANALYSIS IS COMING***

Jumat, 15 Maret 2013

UJI GLEJSER: IDENTIFIKASI HETEROKEDASTISITAS


UJI GLEJSER: 
IDENTIFIKASI HETEROKEDASTISITAS

Siang sobat semua, biar lebih afdol nyimaknya, saya tanya kabar dulu nih hehehe...
Wah pa kabar semua.. Moga baik2 aja ya.. Amiiiinnn...

Oke deh, kali nih saya mau ngeposting lagi tentang salah satu uji buat identifikasi masalah heterokedastisitas (singkat heterosekedas.red). Heeemh sesuai judulnya uji yang dipakai adalah uji Glejser..

Kalau sebelumnya sobat dah pada tahu beberapa cara/uji buat identifikasi heterosekedas (misalnya dengan scatter plot, korelasi Spearman, uji Park), nah biar sekalian lengkap ilmunya, ayok kita pelajari uji Glejser.. Selamat menyimak sobat...

Review sejenak alias pemanasan dulu hehehe..
Kalau uji korelasi Spearman kita meregresikan nilai residual dengan seluruh variabel bebasnya. Nah yang kita harapin nilai Sig. Spearmannya tidak signifikan sehingga kita menerima hipotesis nol (tidak terjadi masalah heterosekedas). 

Next, kalo uji Park kita meregresikan variabel logaritmanatural atau ln residual yang sudah dikuadratkan (ln_res_kuadrat) dengan nilai ln variabel-variabel bebasnya. Kita harapkan nilai Sig. > Alpha atau nilai t hitungnya lebih kecil daripada nilai tabel t (prob.alpha, N-2) sehingga hasilnya kita akan menerima hipotesis nol (tidak terjadi masalah heterosekedas).

Nah, sekarang kita masuk ke uji Glejser. Beberapa pihak bilang kalau uji Glejser ini mirip dengan uji Park padahal kalau menurut saya lebih dekat ke cara/uji dengan korelasi Spearman. Intinya, menurut Glejser, heterosekedas bisa diidentifikasi dengan meregresikan variabel nilai residual mutlak (Absolute Residual) dengan seluruh variabel bebasnya..

Oke deh,  silahkan download dulu datanya disini
Nah, dalan penelitian, saya pakai variabel bebasnya biaya promosi, biaya distibusi dan biaya produksi sedangkan untuk variabel terikatnya adalah nilai penjualan. Seluruh variabel satuannya rupiah.

Pertama, ssobat dapatkan dulu residual unstandardized (RES_1) dengan meregresikan variabel terikat dengan seluruh variabel bebasnya. Langkah ini bisalah sobat lihat dari postingan-postingan saya sebelumnya. Lalu dapatkan nilai residual mutlak dengan mengklik menu Transform, lalu Compute Variable. Pada bagian target variable isikan misalkan dengan nama Abs dan pada bagian Numeric Expression, ketikkan formula Abs(RES_1).

Sekarang lihat pada data view SPSS, muncul variabel baru bernama Abs yang menunjukkan nilai absolut/mutlak residual.
Berikut gambarannya: (gmbr 1,2)



Yap, sekarang klik Analyze, Regression, Linier dan pada bagian Dependent Variable masukkan variabel Abs sedangkan pada bagian Independent masukkan variabel bebas promosi (biaya promosi), dist (biaya distribusi), dan prod (biaya produksi). Berikut ilustrasinya:


Jika langkah di atas sudah dilakukan sekarang tinggal membaca outputnya. Berikut output SPSS 16 yang dihasilkan, perhatikan pada bagian Coefficient saja:
  

Ternyata nilai statistik t hitung untuk seluruh variabel bebasnya lebih kecil daripada nilai t tabel (0,05;13) yaitu 2,160369 sehingga kita menerima hipotesis nol yang menyatakan bahwa tidak terjadi masalah heterosekedas atau data kita sudah homosekedas.

Kita juga bisa melihat nilai Sig. seluruh variabel bebas yang lebih besar daripada Alpha 0,05, sehingga dengan demikian kita juga menerima hipotesis nol (tidak terjadi heterosekedas).

Wokeeeh, hehe.. itu yang bisa saya sharingkan ke sobat semua.. Semoga postingan ini bermanfaat.. Sukses dan semangat terus.. Salam :-)

4 komentar:

  1. mas mau tanya, jika saat melakukan uji park terdapat satu variable yang mempunyai heterosekedas, namun saat melakukan uji geyser, semua variable bebas dari heterosekedas. Itu bagaimana ya mas, alangkah baiknya?

    BalasHapus
  2. Jadi pemilihan uji gletser atau uji park tidak masalah mas. Kedua uji ini andal dipakai dalam uji asumsi non heterokedastis. Silahkan, tentukan salah satu, yang penting mas paham cara kerjanya. Kalau bisa, pakai referensi atau jurnal-jurnal yang menggunakan uji yang dipilih. Sekian. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  3. mas, kalo uji glejser dengan eviews cara interpretasinya seperti apa ya? makasih :)

    BalasHapus
  4. Pak, kalo untuk uji glejser data panel di software eviews bapak ada gak tutorialnya ??
    terima kasih Pak.

    BalasHapus