Welcome to Wajibstat Analysis Jibvela17...

NEW WAJIBSTAT ANALYSIS IS COMING***

Minggu, 24 Maret 2013

UJI BEDA RATA-RATA DUA POPULASI BERPASANGAN DENGAN STATA 10


UJI BEDA RATA-RATA DUA POPULASI BERPASANGAN DENGAN STATA 10

Malam sobat semua.. Moga baik aja ya semua.. Amiiiinnn.. Hehehe..
Nih, kalau kemaren saya udah pernah ngeposting uji beda rata-rata dua populasi berpasangan dengan SPSS 16, sekarang saya uji dengan program STATA 10.

Tujuannya murni untuk pembelajaran, bagaimana kita bisa mengolah data, tidak cuma dengan satu program aja hehehe,, biar wawasan kita juga makin luas,, ya enggak? Udah iya aja hehehe...

Oke, jadi sobat bisa pakai data yang sama (data dengan SPSS). Mau instan? Yaudah, silahkan download datanya dulu DISINI. Tanpa berlama-lama ayok kita mulai..

Nah, pertama seperti biasa masukin data-datanya ke dalam STATA. Saya terbiasa dengan hanya mengcopy paste kan data dari file xls excel atau sav spss. Tinggal ketik syntax edit untuk mem paste data. Hasilnya seperti berikut:


 


Ganti nama var1 dan var2 dengan nama sebelum_tutor dan setelah_tutor dengan syntax rename:


Next, kita tidak perlu melakukan uji kesamaan varians seperti pada kasus dua populasi independen.. Dalam hal ini kita asumsikan uji kenormalan sudah terpenuhi  (terkait uji kenormalan sudah dibahas disini) ,  tinggal untuk pengujian kita jalankan dengan syntax:

ttest sebelum_tutor == setelah_tutor, unpaired
Berikut hasilnya:
  

Jika sobat, mau menjalankan secara manual (tanpa syntax), monggo wae.. hehehe...

Caranya klik Statistics, Summaries Tables Test, Classical Tests of Hypothesis, Two Sample Mean Comparison Test (karena tidak ada grouping dalam penelitian kita). Hasilnya pasti sama..

Nah, untuk membaca hasilnya sama dengan saat pengujian dengan SPSS16 yang intinya ada perbedaan nilai sebelum dan sesudah tutor. Cek DISINI..

Aplikasinya, pengadaan tutor berpengaruh. Hasilnya rata-rata nilai setelah tutor berbeda dengan rata-rata sebelum tutor Jadi, dapat disampaikan bahwa tutor sudah efektif dirasakan manfaatnya..

Oke deh, itu dulu ya sobat,, saya dah mau tepar dulu nih hehehe... sekian dulu tulisan yang bisa saya buat..
Semoga bermanfaat ya sob,,, Sukses... Salam hangat dari saya..

0 komentar:

Poskan Komentar