Welcome to Wajibstat Analysis Jibvela17...

NEW WAJIBSTAT ANALYSIS IS COMING***

Selasa, 02 April 2013

TEHNIK MUDAH MENYAMAKAN TAHUN DASAR DENGAN ANGKA BONEKA ( Penerapan Pada Data Indeks Harga Konsumen)

TEHNIK MUDAH MENYAMAKAN TAHUN DASAR DENGAN ANGKA BONEKA
( Penerapan Pada Data Indeks Harga Konsumen)

Malam nih semua sobat,, Apa kabarnya nih sob? Moga baik-baik aja ya semua hehehe,,
Oiya, malam ini saya kembali mau nulis lagi nih sob.. Tulisan malam ini sedikit berbeda dengan tulisan sebelumnya yang isinya terkait dengan metode/uji-uji statistik. 

Sebenarnya, saya merasa pengen banget menulis ini. Jujur, saya terdorong karena saya sadar dengan menulis seperti ini, saya dan sobat bisa sama-sama belajar lagi dan karena satu keyakinan saya bahwa belajar bukan cuma sekedar melihat dan mendengar tetapi juga menuliskannya agar buah pikiran seseorang itu bisa dibagikan dan dinikmati bersama banyak orang.. Setuju kan sob hehehe..

Oke deh, saya langsung berikan contoh data Indeks Harga Konsumen (IHK). Badan Pusat Statistik menghitung IHK pada tahun 1983-1993 dengan tahun dasar 1983=100 sedangkan mulai tahun 1993-2000 dengan tahun dasar 1993=100. Sebagai informasi saja, untuk data IHK tahun 2000-2006 sudah memakai tahun 2000=100 dan yang terakhir sudah menggunakan tahun dasar 2007=100.

Jadi, kalau kasusnya, sobat mau pakai data IHK tahun 1983-2000 untuk penelitian sobat, tentu tahun dasar penghitungan IHKnya harus diseragamkan dong agar bisa dibandingkan. Katakanlah, sobat mau semua data tahun 1983-2000 pakai tahun dasar 1993=100, pertanyaannya bisa gak dan mudah gak mengganti tahun dasarnya? Jawabannya mudah kalau pakai “angka boneka”.


Disini, sudah ada data IHK dari tahun 1983-2000 dengan data IHK tahun 1983-1992 menggunakan tahun dasar 1983=100 sedangkan data IHK tahun 1993-2000 sudah menggunakan tahun dasar 1993=100. 

Untuk memudahkan pemahaman, saya beri backlight kuning menunjukkan data dengan tahun dasar 1983 sedangkan hijau untuk tahun dasar 1993.

Kunci awal untuk pengubahan tahun dasar adalah sobat usahakan dapatkan satu saja data yang menggunakan kedua buah tahun dasar 1983 dan 1993. Misalnya, saya dapatkan satu buah data yaitu data IHK tahun 1992. IHKnya sebesar 110 (dengan tahun dasar 1983) dan sebesar 97 (dengan tahun dasar 1993). Perlu sobat ingat, untuk pengecekan nanti nilai IHK semakin besar dari tahun ke tahun jika sudah ada diseragamkan tahun dasarnya.

Sekarang kita cari “Angka Boneka” dengan membagikan data IHK 1992 tahun dasar 1993=100 dengan data IHK 1992 tahun dasar 1983=100 sehingga angka bonekanya adalah
 
97/110=0,882

Sekarang perhatikan cara membuat semua data IHK tahun 1983-2000 dengan tahun dasar yang baru (1993=100)
   

Nilai 88,2 ini diperoleh setelah mengalikan 100 dengan angka boneka 0,882. Untuk tahun berikutnya sampai 1992 silahkan terapkan cara ini juga.. 

Andai sobat mau membuat semua data IHK tahun 1983-2000 dengan tahun dasar yang lama (1983=100), perhatikan tehnik berikut:


Nilai 115 ini diperoleh setelah membagikan  101,4 dengan angka boneka 0,882. Untuk tahun berikutnya sampai 2000 silahkan terapkan cara ini juga..

Begini dah kalau contoh IHK sob yang bisa saya bagikan,, Untuk data penyamaan tahun dasar PDRB entah itu triwulanan atau tahunan gak usah bingung sob, caranya tetap sama saja ya.. Jadi, tetap semangat ya nuntut ilmu dan belajarnya hehehe..

Oke deh sobat,, Itu dulu yang mau saya bagikan malam ini ya.. Yang benar datangnya dari yang Kuasa, kalau ada salah, itu pastilah datangnya dari saya.. Nah, karena itu kurang lebihnya atau mutu tidaknya postingan kali ini bagi sobat semua, saya mohon maaf ya.. 

Oiya kalau mata lihat proses pengerjaan saya yang langsung di excel, agar lebih jelas, bisa download disini.

Semoga bermanfaat bagi kita semua,, Sukses dan salam manis dari saya hehehe :-)

 

9 komentar:

  1. mas, apa ada pin BB or whatsApp?? sy mau tanya2 mas, lg bingung dengan data inflasi skripsi sy..
    kalua berkenan tolong info'y dikirm ke email sy ya mas, makasih :)
    putri329@gmail.com

    BalasHapus
  2. Salam kenal mbak Dewi.
    Mbak, pin BB dan WA sudah ada dicantumkan di blog ini mbak. Lihat di sebelah kiri atas . Terimakasih sudah berkunjung :)

    BalasHapus
  3. mas kalo datanya dalam bentuk kuartalan, cara nyari angka bonekanya gimana?

    BalasHapus
  4. Kak, kalo nyamain tahun dasar ihpb caranya juga sama? Agak susah dapat data yang Misal tahun dasar 2005, ihpb tahun 2005 nya 100 atau bisa bukan 100?

    BalasHapus
  5. mas, cara mengubah nilai 110 pada sehingga mendapatkan nilai 97 itu bagaimana? apakah ada rumus tertentu yang dapat saya gunakan?

    terima kasih

    BalasHapus
  6. Disini, sudah ada data IHK dari tahun 1983-2000 dengan data IHK tahun 1983-1992 menggunakan tahun dasar 1983=100 sedangkan data IHK tahun 1993-2000 sudah menggunakan tahun dasar 1993=100.
    Artinya angka tersebut sudah given dan nanti bs didapatkan dari publikasi/web instansi yang merilis angka tsb. Coba cari atau mintakan data IHK yang nilainya ada yang sudah dengan tahun dasar baru dan ada yang masih menggunakan tahun dasar lama (periodenya yang sama).

    BalasHapus
  7. maafsebelumnyanya mas saya msih blum ngerti rumusan awal dapat angka 97 gmna mas bisa di rinci gk mas dari mulai mencari angka dengan tahun dasarnya yang beda . trma kasih

    BalasHapus
  8. bang,kalau untuk pdb metode nya sama kan?

    BalasHapus
  9. mau tanya mas. kan kasus diatas jika salah satu nilai ihk ada yang diketahui dengan dua tahun dasar. kalo misalkan tidak ada salah yang diketahui atau tidak bisa mnecari nilai boneka itu. gimana yah caranya?
    terima kasih

    BalasHapus