Welcome to Wajibstat Analysis.

NEW WAJIBSTAT ANALYSIS IS COMING***

Senin, 15 April 2013

UJI RELIABILITAS KUESIONER/PERTANYAAN PENELITIAN DENGAN SPSS 16 (Terusan Postingan Uji Validitas)

UJI RELIABILITAS KUESIONER/PERTANYAAN PENELITIAN DENGAN SPSS 16
(Terusan Postingan Uji Validitas)
Halo sobat  semua apa kabarnya nih? Hehehe,,, Semoga makin sukses, makin sehat dan makin bahagia aja yaa hehehe..
Oke nih sob, kali ini saya mau posting tentang uji realibilitas kuesioner/pertanyaan penelitian. Nah, sebelum sobat baca postingan ini, agar sobat paham konsepnya, sangat disarankan untuk membaca postingan saya sebelumnya yang berjudul “uji validitas dan realibilitas item pertanyaan penelitian dilengkapi contoh pengerjaan denganspss 16”.
Heemh, seperti yang kita tahu, kita menggunakan dua buah jenis uji validitas. Yang pertama dengan bivariat spearman correlation (tanpa koreksi kondisi over estimasi) dan yang kedua pakai koreksi (Corrected Item Correlation). Next, untuk uji reliabilitasnya, kita mau uji yang terkoreksi aja ya sooob hehehe.. 

Sedikit mengingatkan, pada uji terkoreksi kita dapatkan hanya lima pertanyaan yang valid yaitu item pertanyaan nomor 2,3,4,6, dan 7. Terus, kita juga sudah menentukan sampel sebanyak 12 responden. Untuk uji reliabilitas kita pakai uji yang biasa dipakai peneliti yaitu dengan Alpha Cronbach (uji ini sangat cocok jika skala pertanyaan menggunakan skala Likert)

Oke tanpa berlama-lama silahkan unduh dulu datanya disini (data sama dengan uji validitas). Selanjutnya, masukkan data ke dalam SPSS. Lalu ganti nama variabel terserah sobat saja misalnya ganti dengan item1,2,...10. Let’s process it..

Silahkan klik menu Analyze, Scale, Reliability Analysis.. Masukkan hanya item pertanyaan yang valid saja ke dalam items yaitu item 2,3,4,6, dan 7. Berikut gambarannya:


Selanjutnya klik Statistics dan pada bagian Descriptive Item silahkan centang pilihan Scale If Item Deleted.. Ilustrasinya seperti ini:

  
Tinggal klik Continue dan sobat akan dapatkan hasilnya seperti ini..



Perhatikan pada Item Total Statistics, kelima item pertanyaan sudah valid. Caranya bandingkan saja nilai Corrected-nya dengan nilai tabel r (tabel korelasi Pearson) dengan Alpha 0,05 dan derajat bebas (df)=n-2=10 yaitu 0,5760. Cut off value yang kita pakai adlah 0,5760 dan kelima nilai corrected item berada di atas cut off. Berarti benar bahwa lima item pertanyaan kita sudah valid (sesuai dengan apa yang mau kita ukur).


Nah, sekarang uji reliablitas lihat pada bagian Reliability Statistics. Ternyata nilai Alpha Cronbach 0,904 lebih besar daripada nilai tabel r 0,5760 sehingga dengan demikian kuesioner yang akan kita pakai dalam penelitian sudah reliabel yaitu konsisten dan tetap handal kapanpun dan oleh siapapun yang akan melakukan penelitian dengan konteks serupa dan tentunya hasilnya akan mendekati simpulan yang sama atau hampir sama.

Oke deh sobat, itu dulu yang bisa saya bagikan tentang uji validitas dan reliabilitas kuesioner penelitian.. Mau istirahat dulu neh hehehe.. Semoga postingan ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi berkat bagi sobat semua.. Terus semangat sob,, Pasti bisa,, Terakhir, salam manis dari saya yak hehehe.. Semoga sukses :-)
 



8 komentar:

  1. Thank you so much my friend, your demonstration above really helps significantly to my college assignments. Keep up the good spirit and God bless.

    BalasHapus
  2. You're welcome my friend. But, unfortunately, you haven't introduced yourself. Would you please? Purely, just for building a new friendship :)
    Keep spirit too. God bless :)

    BalasHapus
  3. Permisi mas, mau nanya tentang validitas dan reabilitas item kuesioner, jika dari 20 item pertanyaan didapatkan 5 yang tidak valid, pilihannya adalah di hilangkan ato diperbaiki.
    nah, maksud "diperbaiki" itu bagaimana ya mas, mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
  4. Salam kenal mas Yahya
    Pertama saya tidak mengatakan "diperbaiki" dalam postingan saya mas :) Mungkin mas Yahya menemukan referensi yang mengatakan dihilangkan atau diperbaiki. Menurut saya begini, kalau dari 20 ternyata yang valid ada 15 saya rasa itu masih mumpuni mas atrtinya yang tidak valid kita buang. Nah, kalau dari 20 ternyata yang valid hanya 5 atau di bawah 5, saya sarankan menambah lebih banyak jumlah pertanyaan untuk diuji mas, bukan mengutak-atik (memperbaiki) pertanyaan yang memang sudah tidak valid. Cara menambah pertanyaan gimana? Baca lebih dan lebih banyak jurnal/penelitian serupa. Semoga membantu mencerahkan. Salam :)

    BalasHapus
  5. salam kenal
    bang, veriabel dependen saya setelah uji validitas semua item pertanyaan valid tapi pas uji reliabilitas semua item pertanyaan saya tidak reliabel
    hanya sekitar 0.357 saja
    tolong pencerahannya?

    BalasHapus
  6. bang, kalo setelah uji validitas, hanya sisa 5 item, apakah kita masih gunakan df = n -2 = 10 ? kenapa bukan df= 5-2 =3 ?

    BalasHapus
  7. WA 085227746673 PIN BB D04EBECB HP. 08995503316 melayani jasa olah data SPSS, EVIEWS, AMOS, LISREL, SMARTPLS, WDEA (Warwick DEA), WINDEAP (DEAP 2.1 For Window), NCSS, STATA, MINITAB, WARPPLS, EXPERT CHOICE. Instagram @olahdatasemarang

    BalasHapus
  8. Video Uji Reliabilitas Cronbach Alpha Menggunakan EVIEWS
    www.youtube.com/watch?v=YiMBKcvzkE4
    WA 085227746673
    Analisis Data EVIEWS, LISREL, SPSS, AMOS, DLL

    BalasHapus